Mengembalikan Data yang hilang akibat Format Hardisk/Partisi Hilang

Tulisan ini saya tulis, berangkat dari pengalaman pahit saya hari kamis lalu (08-10-2009) ketika tanpa sengaja saya memformat hardisk. Ceritanya berawal, saat saya menginstall program 3D screensaver yang baru saja saya download dari LPWN Hamzanwadi Pancor. Ternyata program yang saya download itu adalah virus, yang kemudian merusak system windows di laptop axioo kesayangan saya. Kemudian DVD driver recover axioo saya masukkan ke DVD ROM, dan muncul layar prompt DOS. Memang dalam tampilannya meminta kita menekan tombol “Y” untuk lanjut, dan “N” untuk exit. Ya..entah kenapa saya coba saja menekan tombol Y. Saya pikir perintah ini hanya akan memformat drive C saja. Akhirnya….. seperti kiamat bagi saya. Saya coba command DIR drive C, ternyata isinya kosong. Artinya semua Data saya di laptop (dalam drive C, D, E, dan F) telah lenyap .

Saya terpaku sejenak memikirkan masalah ini. Betapa tidak, semua data-data penting sekolah, kampus, foto, file pribadi, dll hilang semua. Tapi saya berusaha menenangkan diri, karena pengalaman buruk ini pernah terjadi 5 tahun lalu, dimana semua data di laptop hilang semua dan tidak bisa dikembalikan sekalipun telah minta jasa service/mainteance saat itu.

Saya lakukan jurus berikut untuk solusi:

  1. berfikir tenang, semua masalah pasti ada jalan keluar
  2. bertanya ke mbah google, mencari informasi seputar cara mengemalikan partisi yang hilang akibat format hardisk. (ini saya lakukan di komputer Lab. Micro Teaching STKIP Hamzanwadi Selong, trims untuk mbak Naily atas waktunya).
  3. saya temukan banyak program untuk penyelamat data yang hilang
  4. siap lembur untuk meng-obrak-abrik laptop
  5. saya gunakan program Active Partition Recovery, Partition Find and Mount, tapi semuanya terlalu lama, dan tidak memuaskan.
  6. Saya coba program TestDisk 6.10 win.zip (tampilannya for DOS) dan setelah 3 jam saya nunggu sambil nonton final Miss Indonesia di Indosiar akhirnya bisa menampilkan semua partisi/drive yang hilang tersebut. Di step ini, hati saya mulai tenang dan langsung mengucapkan Alhamdulillah, karena file-file saya bisa kembali seperti sedia kala 100%. Thank to Allah SWT, thank to mbah google, dan thank to pembuat software Test Disk.
  7. Pukul 24:30, semua Data saya di laptop telah kembali (restored) semua.
  8. Alhamdulillah saya bisa tidur pulas.

Kesimpulan cerita:

Gunakan software Test Disk untuk mengembalikan semua partisi yang hilang,semua data yg hilang atau foto anda yang hilang baik di Hardisk, maupun USB/Flash Disk. Program ini FREE / GRATIS 100%

Link web: http://www.cgsecurity.org/

DOWNLOAD DI SINI

152 Tanggapan

  1. al hamdulillah,……….
    ada jalan keluar

    kasusnya sama persisssss

    nyoba dulu
    mg2 berhasil

  2. mudah2n bisa ni lagi mau coba…
    barusan gw pake recovery my files versi 4, kebaca sich data gw yang ilang tapi coz itu demo version file yang kebaca tu g bisa gw restor mesti ada keynya dulu … akhirnya gw cari lagi di google, dapet program sejenis tapi versi dibawahnya n full version lagi , ada tapinya lagi format file yang bisa di restor tak sebanyak versi sebelumnya, nah skr gw coba yang lo deh …
    bisa g yach …. !

  3. kapan-kapan posting caranya sob, biar amatiran kayak saya mudah ngerti…. kkkkkkkkkkkkkk

  4. ya nih…pusing ngga ketulungan kehilangan data, kayaknya dunia mau kiamat, boleh donk..share caranya bro biar yg amatiran bisa menikmati dunia ini lagi :)

  5. moga berhasil ya. doain ya bro
    tolong dong langkah2nya
    penting ngt ne. thank alot

  6. makasih bang artikelnya…aq di minta sama teman untuk mencarikan dia tool yang bias ngembaliin file datanya..coz keformat juga tuch hardisknya…aq langsung cb ya softwrenya…!

  7. cobaan ku seminggu kmrn, q cari 4hari, q dpt puluhan software recovery, q coba semuanya hasilnyaa …… please register…, trial…., luamaa banget (80Gb – 9jam)…,hari ke-5 oleh Alloh SWT ditemukan dg TestDisk, q coba & berdo’a pada-Nya, subhanallooh… cuma 10 menit baca smua partisi di D dan E (smua 50Gb) dan 2jam tuk copy smuanya (return). Data bahkan kembali 125 % (ups…, soale data yg dihapus 1th dulu bisa dikembalikan. Alhamdu lillah, jazakumulloh khoiron to maz subkioke.

  8. kalo cara q begini :
    1- Hardisk yang hilang gandengkan dg hardisk normal tuk jalankan Testdisk.
    2- Copy TestDisk hasil donwnload ke Hardisk normal (letakkan di partsi yang ruang kosongnya banyak, jgn pake yang penuh data, mis. diver E)
    3- Stlh paste, klik 2x, muncul 3 folder, klik 2x folfer win, muncul bbrp file, pilih test disk application, klik 2x
    4- Anda memasuki dunia dos (ga bisa pake mouse, keyboard doang….)
    5- Muncul dua hardisk, yang normal, dan punya Anda.
    6- Enter punya Anda, muncul bbrp pilihan- pilih analyse dan enter (lihat juga petunjuk di bag. bwh)
    7- Muncul bbrp pilihan – pilih Intel, trus di bag.bawah pilih deep search dan enter (tunggu paling lama 10 menit- usahakan pake CPU yang tingggi, mis. dualcore, kalo ga punya numpang di temen, ini tuk proses cepat dan hasil max.)
    8- Muncullah drive Anda (D,E,F,…)
    9- Terserah pilih mana dulu yang mau Anda recovery, mis. D ( ingat! pake tanda panah keyboard lho, ga bisa mouse)
    10- Setelah D diblok putih, lihat bag. bwh – pilih P lihat isi drive, muncullah sma isi drive tsb (warna putih itulah yang kita cari)
    11- Pilih satu-satu yang mau direcovey, mis. folder “ketikan”, trus pencet c di keyboard, tunggu 1 mnt
    12- Buka explore, lihat di drive E tempat Anda mengcopy TestDisk pertama, buka folder win, muncullah folder “ketikan” dan bila Anda klk 2x mncullah file2 yg Anda rindukan, Tunggu sekira proses copy selesai (hitungan menit-tergantung besar isi foder)
    13. Setelah selesai lihat lagi program test disk Anda, pilh lagi folder yang lainnya dst….
    14. Smua yang di drive D selesai di return, pencet Q untuk kembali ke tampilan sebelumnya.(no.8)
    lakukan seperti langkah 9 dst sampai semua tercopy

    note : kadang di langkah 7 hanya ada search saja, gak papa ikuti saja sampai selesai langkah 12, jka Anda lihat di explore file Anda gak kembali semua. pencet Q tuk quit program, trus ulang mulai awal, insya Allah pada proses kedua akan muncul pilihan deep search di langkah 7, teruskan.

    Ini pengalaman sbg rasa syukur tuk dicoba kurang lebihnya gitu, ini gratiss tis (padahal ditukang servis ongkosnya ratusan ribu)
    Setelah berhasil jangan lupa sujud syukur pada YANG MAHA MAMPU dan KUASA, karna idzin-Nya Anda berhasil. Juga trim’s pada subkioke ini dan doakan dia.

    • mas,kalo yg keformat salah satu partisi dan itu yg paling gede..nah aku mau recovery d partisi yg keformat itu bisa ga??tolong jawab ya mas..q dah pusing banget nui…makasih…

      • menurut informasi yang pernah aku baca,, kalau mau mengembalikan data yang di recovery , jangan di partisi itu, cara di partisi lain,,, misalnya drive (D:) yang di recovery, hasilnya jangan di simpan di drive itu juga. tapi usahakan di drive lain. ok

  9. tolong dong aku awam ni…pusing banget, udah data hilang,kenapa juga pas coba tu sofwer, laptop nya malah nge heng..pas di matiin paksa d cabut dari kabel listriknya. waduh pas dinyalain lagi kok gak ada tampilan apa2.. malah ngebleng gitu..kenapa ya..?

  10. emang tu sofwer ada efeknya gak sih, ya seperti malah buat rusak hardisk, apa kagak sih??? balas dong

  11. Buat Mas Zein – Malang.

    Sayat juga sangat senang, ternyata mas Zein, bisa mencoba TestDisk untuk mengembalikan data yang hilang.

    Terima kasih atas tambahan langkah2nya, mudah-mudahan teman yang lain bisa mencobanya.
    Amin atas doanya.

    Awalnya dulu, memang karena saya sangat pusing 7 keliling dan berbagai macam software sdh saya pakai. Tapi ternyata TestDisk ini yang sangat jitu. semua data saya kembali 100% persis seperti sedia kala. Kalo pake recovery software, biasanya data yg kembali sdh amburadul dan blm tentu 100%.

    – trima kasih kepada Allah SWT
    – trima kasih kepada Google
    – trima kasih kepada pembuat TestDisk (Mr. Cristophe Gronier)

    • Setelah sy mengunduh testdisk…. sy mencoba mengembalikan data sy yg terformat…. Unfortunely … sdh dicoba berkali-kali data-2 gak bisa kembali… malah ext.HD sy jd bas sector 1/4nya…. sy sdh memformat msh jg tdk bisa…. hilanglah harapanku data-2ku gak kembali …..

  12. terimakasih, atas softwarenya mudah2an bs membantu. oia, klo softwarenya kita instal d’komputer yang akan dikembalikan data2’nya bisa ga ya, jdi tanpa harus digandeng hardisknya….trimakasih sblemnya.

  13. buat mas syukri,
    pake aja testdisk 6.11.3 dos bukan yang win
    kalo do link ini http://getux.com/2006/04/06/mengembalikan-partisi-yang-hilang/
    katanya harus pake cd booting dulu jadi anda “burn” dulu testdisknya.
    gimana Mr Subki ???

  14. to Mr. SUBKI
    Maz kmrn dulu aq coba lagi kembaliin data hardisk hilang dan berhasil lagi di flesdisk juga bisa, alhamdulilah…
    Dan ini cara2 yg lebih detail/ jelas dan gampang ditiru bagi yg awam, smoga manfaat :

    1. download testdisk 6.11.3 win , kalo filenya bentuk RAR, extrak dulu jadi bentuk folder biasa.
    2. hardisk yang “hilang” gandeng dg PC normal mis. (A) .Anjuran saya pakai komputer yang hardisk besar dan spech tinggi mis. dual core. kalo gak punya numpang di temen.
    3. copi folder testdisk ke drive pc (A) yang besar. Mis. data hardisk Anda 80 Gb, maka letakkan testdisk di drive yg isinya sama/lebih, mis. di drive E. trus paste.
    4. klik testdisknya akan muncul 3 folder.
    5. klik yang “win” akan muncul bbrp file
    6. pilih aplikasi “testdisk” (no.2 dari bwh) klik 2x – jalan programnya dalam dos (ga bisa pake mouse bung! pake keyboard tok)
    7. muncul pilihan -pilih CREATE enter
    8. muncul hardisk2 dlm PC, trus pilih punya Anda
    9. lihat bag. bwh – enter PROCEED
    10. muncul pilihan – pilih INTEL enter
    11. muncul pilihan – pilih ANALYSE enter
    12. muncul partisi Hardisk Anda
    13. lihat bg. bwh pilih search, kalo muncul deep search pilih itu.
    14. muncul pilihan Y/N , ketik “Y”
    15. muncul partisi Anda yang sdh terbaca, mis. ada dive D, E, F dst. pilih terserah mana yang mau Anda recover dulu. mis. D
    16. lihat bg. bwh ada bbrp pilihan. – pilih aja ketik “P” jangan “ENTER” soalnya lebih cepat langsung “P”
    17. nah, muncullah file2 kesayangan Anda yang hilang, bahkan bertahun2 yg lalu.
    18. yang warna putih itu yang direcover
    19. pilih yang mana dulu folder Anda yang mau di recover. mis “DATA PENTING”
    20. setelah dipilih trus lihat bg. bwh pilih “c” copi dan ada pilihan Y/N ketik “Y” tunggu sebentar tergantung besarnya isi folder yg di recover (hitungan menit) sampai tanda hijau “copi done”
    21. buka explore drive E tempat Anda pertama meletakkan testdisk, klik “win” maka akan kembalilah folder “DATA PENTING”
    22. lanjutkan langkah 19 sampai semuanya Anda copi dan tlah kembali.
    23. lihat bg. bwh pilh “q” quit, akan kembali ke langkah 15 yaitu muncul drive D,E,F dst pilih srie yang selanjutnya.
    24. lakukan langkah 16 dst untuk recover semua data dan INSYA ALLAH semuanya akan kembali ke FOLDER “WIN’ tadi, makanya saya sarankan pilih drive dan hardisk yang besar, soalnya kalau gak cukup proses recovery akan terhenti dan hasil tidak maksimal.

    Trims to Mr Subki nyedia-in tempat, walafu minkum.

    • kalau yang terjadi pada laptop, bagaimana solusinya?
      apakah hard-disk juga bisa dilepas?

    • Setelah sy mengunduh Testdisk.. sy mencoba mereload data-2 dr external HD yg sempat terformat/terdelete… dan berhasil sebagian….
      Tapi kenapa isi dr setiap folder yg pernah sy tulis isi tdk ada semua…???? kemudian… sy mencoba mencopy folder-2 sy tp jawaban ” badsector” tdk bisa dicopy… kenapa HD yg baru beri sdh badsector sdgkan sebelum sy format/delete tdk ada masalah???….. Mohon bantuannya….sekali lagi terima kasih ….

    • Pertanyaan yang sama mas,,,, kalo laptop bagaimana? misalnya pakai flashdisk atau harddisk external bisa tidak?
      Mohon solusinya.. permasalahan saya persis seperti itu, tp di laptop…
      Terima kasii..

  15. alhamdulillah,terima kasih paman google menjadi penolong anda adalah inspirasinya, saya sudah tegang data keuangan kantor ada di partisi yang dengan tidak sengaja ke delete. saya dah coba pake beberapa softw recovery tp yg cocok dan simple hanya TestDisk,skali lagi terima kasih kdp smuanya yang telah berbagi ilmu,semoga Allah swt membalas kebaikannya,amiiiin

  16. makasih bozzzz………..alhamdulillah dataku yg hilang akibat maenan partisi dapat kembali lg.

  17. Kalo saya begini,
    kn sy abis partisi C pk cara
    Start-control panel-administrative tools-comp management-harddisk management-klik kanan shrink volume-q bg 2 uda gt aq partisi jg buat harddisk yg uda terbentuk td.

    entah knp stlah d restart muncul pesan error.
    BOOTMGR is missing
    solusinya gmn ni???ap ni efek partisi itu td?
    sbenerx cara partisi d win vista sp1 gmn??
    Mohon pencrahanx cz ni g mw booting, dsrh tkn ctrl+alt+del melulu…
    sy bingung bgt…
    ni awalny sy pgn partisi C yg bsr memorynx 300gb. kan kgedean??? g da local drive lainx lg…
    bagaimana??? mohon sgr bales d email jg bs. ato dsni j… thx before

  18. untuk Wilda…

    kalau mau partisi, bisa gunakan program Partition Magic
    atau Norton Ghost.

    masalah anda tadi memang akibat partisi sehingga boot manager (MBR) rusak/hilang.
    caranya: restore saja windowsnya,
    masukkan CD master windows seperti biasa,
    kemudian pilih Restore,
    pada prompt/DOS, ketik FIXMBR

    restart komputer, smoga bisa normal.

  19. trima kasih mas..saya mau coba dulu

  20. Mslhnya sy pk vista dan krg paham.

    ap perintah itu berlaku buat vista mas??

    thanks ats pnjlsannya

  21. saya mo tanya,,,kok bisa data NTFS dan FAT berubah jadi raw, semua berawal dari laptop rusak kemudian windows nya minta repair (r) trus masuk ke bios gak baca,,,,hardisk
    diinstall ulang bacaan gak bisa
    trus digandeng hardisk nya tgl o byte
    sedangkan kapasitas nya 80gb
    drive saya ada 2 : C dan D
    yang kebaca cuma drive c
    drive d nya hlang………
    trus pas dilepas gandeng nya dibalikn hardisknya kelaptop ternyata bisa di install ulang
    tapi gak bisa masuk window
    mo tanya ke pada para suhuu komputer
    gimana cara nya ngembaliiin semua data saya di dvive c dan d
    tolong balas ke email saya yachhhh
    terima kasih banyak

  22. gimana kalo dalam 1 hardisk bisa ga Bang?data D aku ke hapus semua neh…..tapi Partisi E juga masih besar Ruang Hardisknya ada sekitar 80GB….data yg hilang sekitar 58 GB….
    aku dah nyoba pake Easy Recovery tapi Nihil Coy…..dapet cuma setengahnya trus pas dibuka filenya eh malah kosong trus jadi acak2an ga jelas….BANTUIN DWONG

  23. kalo pake Test Disk ini, semua data di semua Drive akan kembali 100%. JANGAN KHAWATIR. pokoknya Cespleng.

  24. Mohon ijin sesepuh ikut sedot

  25. saya ada masalah, bgni:
    laptop saya winxp-nya rusak, oleh bapak saya dibawa ke temannya buat dibenerin. hd lapto 120GB, dgn 3 partisi (C,D,E).
    setelah di bawa ke temen bpk trnyata dah ke instal winVista dan partisi jadi C dan D.
    mas … apakah data saya yg dulu (di driver D dan E) bisa dibalikin lagi gak ya??? soalnya tuh data pnting banget buat aku tuk lanjutin skripsi dan tugas saya …
    mohon pertolongannya apakah bisa dengan menggunakan TestDisk ini???
    Terima Kasih atas pnjelasannya.

  26. Test disk bisa mengembalikan data anda,
    asalkan tidak anda format dulu.

  27. kalo sudah kembali pake tesdisk ga ush instal ulang?apakah drive yang telah dipartisi terpisah dari drive c?tolong kasih langkah/tutorial yang mudah dan lengkap

  28. cara melihat hardisk yang telah kembali dmn,klo sudah selesai pake testdisk?

  29. mas mo tanya, gimana kalo harddisk yg akan di recovery nggak ke detek bios, minta solusinya ?

  30. Alhamdulillah, smoga bisa…. saya juga lagi ngalamin yang begini….

    COba dulu ah

  31. aku gaptek bisa ga klo aku kirim aja mc ku trus tolong di timbulin lgi semua datanya…please….

  32. mas, saya sekarang mengalami hal itu…
    partisi D: hilang semalam
    tinggl partisi C: saja… apakah data-data saya akan selamat???

  33. Data pak Rangga insyaallah selamat dengan
    progam Test Disk ini. dicoba saja.

  34. mas, saya awam banget soal komputer, kebetulan laptop saya sudah di format karena kena virus beberapa bulan yang lalu dan lupa di back up. apa data2 saya bisa selamat tengan menggunakan software ini?

  35. Data mas Wery juga insyaallah selamat dengan
    progam Test Disk ini, asalkan tidak diformat lagi. dicoba saja.

    • mas saya uda nyoba selesai deep search dan keluar pilihan yang warna ijo ada perintah untuk reboot demi hasil yang maximal, tapi setelah saya restart komputer, malah muncul tulisan BOOTMGR IS MISSING, itu kenapa dan saya mesti gimana yaa???
      terima kasih, tolong bls secepatnya

  36. Buat werry…

    kalo muncul seperti itu sdh ada hasil.

    – masukkan CD master win XP
    – restart komputer
    – pilih booting dari CD
    – pilih Recovery windows (tekan R) pada layar setup windows
    – pada layar DOS, ketikkan fixboot
    – tulis Exit
    – tekan Enter
    – keluarkan CD master
    – restart windows

  37. mas kalo hardisk uda terformat 2 kali apa datanya masih bisa di selamatkan? trims atas jawabannya

  38. mas sama temen saya malah di install ulang laptopnya,,, apa masih bisa balik lagi datanya? udah terformat dua kali,,, padahal banyak data penting,,, pusiing bgt,,,, makasi jawabannya

  39. untuk mas Herman & Werry…

    pengalaman saya…data yg terselamatkan adalah data sebelum format terakhir.

  40. KL UNTUK windows 7.,. prog yg digunakan ada tidak,., tolong.,.,.,

  41. kalo hanya untuk partisi yang gampang pake eaus partitions tinggal instal aja dah langsung terbaca partisi yang hilang

  42. kk saya mau share donk mudah”an aja bisa ngebantu..
    problemnya hampir sama,pertama Os yang ada di komputer saya hanya microsoft XP(servicepack 3), saya mau install Ubuntu tapi pass di tahap partisinya, hardisk saya yang di windows tadi(C,D,E) nggak ke baca..alias masih 250Gb nah saya langsung bikin partisi baru buat ubuntu(SWAP + ROOT)
    setelah selesai nginstall, data-data yang ada di windows tadi hilang….. kira-kira apa yang harus saya lakukan.?
    Makasi…

  43. alhamdulilah
    bro, terima kasih banyak atas bantuannya …

  44. kalau hardisknya terlanjur udah dipartisi baru lagi bisa nggak boss

  45. aaaaaaaaa…………. lemott koneksi ku buat download itu.. akwkawkaw..

    makasih info nya dari atas sampai bawah ^_^…

    • pak mau nanya…
      kemaren pada waktu masukin flashdisk ke komputer dan mengkopy beberapa file tiba-tiba listrik mati, nah setelah nyala kembali ku coba nyalakan komputer ternyata drive D, E, F ku udah ga ada yg ada hanya C padahal satu hardisk dan ku cek masih tetep 80Gb krn kupartisi 4 masing2 20Gb.
      ku coba masukin cd windows tapi ga bisa hanya tertulis “txtsetup.oem is failed”. gimana pak? apakah data tadi benar2 hilang atau tersembunyikan oleh virus atau bagaimana? bisa gak ku pake testdisk ini?

  46. mas saya pernah gunakan testdisk win.exe ada tampilan partisi warna hijau dan ada yang warna putih maksudnya apa mas sebelumnya terima kasih…

  47. Bismillahirrohmanirrohym,,,

    mudah2an berhasil…..

  48. makasih banyak mas….. foto2 saya yg terhapus dah balik lagi…..

  49. Bos Bisa engga kalau hardisk nya ter instal dengan windows baru

    Terim’s sebelumnya

  50. Aduh ampun bos
    aku dah loading tapi
    aku engga ngerti menjalankannya tolong bos
    beri tahu langkah-langkahnya

  51. sy jg mau nyoba nih…doakn smoga brhasil ya!!

  52. jujur cieh aku belum terlalu ngerti dg muanya tapi coba dulu dah…moga2 suksezzzzz…makasi muanya yaa

  53. mas subki…
    saya bingung cara menampilkan partisi D saya yang hilang, saya menggunak 2 Partisi C (system) dan D(data-data).
    yang saya bingungkan menggandengkan gimana caranya?
    hardisk di netbook saya ukurannya 250Gb dan menggunakan windows XP

  54. mas semuanya yang ahli-ahli dan baik hati
    saya punya masalah laptop ni, saya pake netbook axio pico
    pas saya pake tadi malam, pas mau turn of ato restart ga bisa, jadinya saya matikan paksa dengan cara menekan tombol powernya lama, baru akhirnya mati juga tuh laptop

    tapi pas saya hidupkan lagi ternyata ga bisa keluar gambar layar yang seperti biasanya, yang ada cuma windows logo yang gitu2 aja walaupun udah ditunggu berjam2 ga muncul2 layar dekstopnya .

    trus saya mau nyelamatin data yang di hardisk D, laptop saya ada partisi C,D, dan E, data yang di D itu gue kunci pake software “lock my folder”, data2nya ada sekitar 45GB
    semuanya video dokumentasi sama foto2 gue sama temen2 dari dulu, gue panik banget nih jantung rasanya mau copot,

    tolongin saya dong mas-mas yang ada di forum ini biar file2 yang di hardisk D bisa gue selamatin, trus gue burn aja ke DVD biar aman, tapi masalahnya gimana cara mengeluarkan file2 tersebut!

    tolong ya mas balasannya

  55. Temen2 ku mau nanya nih sekalian solutionya jg yak!?
    PC corto duo, saya punya data/folder di D, then pada saat saya instal ulang saya delete partisi D nya n saya format jg. Trus saya coba kembalikan Partisi D dengan free software RECUVA dan akhirnya semua sampah2 yg dulu kembali semua, tp ketika ku buka hidennya data ku tidak ditemukan huh?!
    Apa data hiden tu bisa dikembalikan yak!! tolong dung temen2

  56. kejadian sama terulang kembali padakuuuu sekarang kok ribet yaaaa pleaseeeee

  57. duh data D
    ditesdisk nga mau tampil maunya C aja
    kumaha yeuh

  58. Mas Klo hardisknya g detect di windows softwarenya berlaku ga? Tapi di BIOS detect. Makasih

  59. minta tolong donk.. mas2 mba2..agan2 sekalian, td sy coba install ulang partisi C, stelah slesai ko data yang di D ilang smw, udah coba di unhide file jg ga muncul, udah coba testdisk ini tp salah satu partisinya ga kebaca, damaged system katanya.. duh gmn ya.. data2 TA saya disana semua, minta tolong barangkali ada yg bisa kasih solusi, thx b4

  60. kakak aku awam nih. aku dah 2kali tp kok gk blk2 jg. gmn ya cara yg mudah??

  61. wah..wah.. rame nih yang pada protes.. maksudnya tanya.., hihi.. ane coba dulu aja gan.. tar kalo ga jadi ikutan tanya juga.. ehuehue..

  62. mo tanya apakah data bisa dikembalikan lagi bila hardiknya type fat 32, soalnya setelah saya coba hardisk saya tidak terdetek,
    apakah hdd type fat32 tidak bisa
    ato ada cara lain ato ada program laen gitu (tapi yg gratis)
    trims sebelumnya

  63. Gni mas, sy partisi dg linux.. Trz smua data sy hilang, kmudian sya back again to windows, ttp dta sy hlang.. Nah bsa kah d restore..
    Sya mnggunakkn win7,,
    hdd udh 3x format..
    Tolong mas.. Fto kenangn sya hilang…

    ., trimaksh ..

  64. mas,kalau mengembalikan data yg hilang habis discan pake anti virus,bisa gk ya…?.mohon bantuannya mas.”trima kasih”

  65. to Jack:

    biasanya virus2 itu menyembunyikan file kita, shg seolah-olah hilang.
    untuk melihat file asli yg disembunyikan, gunakan software FreeCommander.
    – ganti atributnya: klik kanan file –> properties –> hilangkan tanda centang pd tulisan “hidden” dan “read only”.

  66. Harap” bisa ne Mas..

    Ma kasih mas infonya, law bisa tambahin tutorialnya, maklum bru sekali ketemu masalah ky gini..

  67. gan….punya saya tidak kena di restore
    karena habis di partisi ulang
    tu gimana ya gan caranya mengembalikan data yang hilang????
    pliss gan gw butuh banget.

  68. jadi cara menggunakannya harus punya hardisk tambahan ya..??? ada gak cara yang laen tanpa harus menggunakan hardisk tambahan Trims..

  69. Saya sangat kaget ketika mencoba menginstall ulang komputer ortu, saya coba delete partisi C: saja, tapi begitu di enter, jreeng, hilang semua partisi, saya kaget sekaget-kagetnya, yang paling saya pikirin yaitu foto-foto ortu saya saat di Mekkah, saya langsung cari cara buat ngembaliin data yang hilang di google, saya ketemu blog mas ini, yang membuat saya yakin adalah tulisan mas yang menyatakan 100% data kembali dengan utuh.

    Saya coba software ini, alhamdulillah, terima kasih Ya Alloh, mas Subki, data saya yang hilang kembali dengan utuh seutuh-utuhnya.

  70. bos toloooong aku uda cara ini tapi masih blm faham juga dihardisk external ku ada data kerja dan foto keluargaku ilang akhi tolooooong ya thanks beri cara yang singkat soale aku blm faham betul sukron

  71. Om klo yang sudah lama k hapu dah udah d instal ulang beberapa kali apakah masih bisa kembai file2 nya Om,,,
    terima ksaih,,,

  72. thanks + trimakasih banget infonya…..akhrnya saya bisa kembalikan file saya yang terhapus setelah terinstal windows baru sebelumnya……terimakasih ya allah,trimakasih yg kasih yang buat infonya…dan semuanya yang memberitahu saran2nya…jug yang bikin softwarenya he

  73. asalamualaikum semua,
    saya baru nih,dan saya mo tanya…
    hari ini saya format laptop saya win 7,tetapi waktu mw diinstal ulang,harus di format dulu drivenya,dan itu tdk bisa yang c aja,tapi juga yang d kena format,padahal di drive d itu semua data saya yg gag ternilai ada di situ,bisa gag ya dengan test disk ini mengembalikan semua,mohon bantuannya…,trima kasih…

  74. assalamuallaikum..
    mas nie bisa buat win 7 g?
    data2 ku hilang setelah buat partisi baru..bisa g di balikin..mohon bantuannya..

  75. asslkm smua..
    sya punya mslah hampir sama. tapi bgini awalnya..
    komputerku dah mulai g bener kerjanya dan saya pikir mendingan di restore aja…nah kan di win 7 ada fitur ( system recovery ) klo g salah pas booting tekan F11, kemudian setelah selesai eh ternyata partisinya cuma jadi 2 padahala asalnya tiga 1.C ( system ) 2. D( system Recovery ) 3. E ( data dataku )
    nah yang tersisi cuma C dan D..jadi partisi E jadi ga ada..kyknya jadi 1 Partisi , soalnua yang D kan bawaan system recovery…bisa ga di kembalikan data2 saya yang ada di partisi E..terima kasih semuanya….kalian emang mahluk paling baik..
    wassalam

  76. Mas yg baik hati…..saya mohon bantuannya!
    begini….kemarin komputer kantor terkena virus…dan harus d install ulang….nah pada saat instal itu semua partisi hilang termasuk data2nya…..! lemes dah jadinya aq…! apa dengan software yg d sarankan itu bs kembali data2 kantorku…..meski tidaklah 100%, hanya file words,Excel, dan Beberapa File JPEG saja……! soallnya hanya file kerja saja yg saya butuhkan….! oh ya Spek Kmputernya Core duo dengan 2 bios hardisknya 500 giga dan Data yg hilang berada di Folder D dengan kapasitas isi maSIH 80gIiga……! nah apakah bisa mejalankan software yg disarankan tadi dengan 1 hardisk saja….???? mohon bantuanya……sekligus langkah2 menjalankan……..terima kasih sebelumnya………

  77. terimakasih masbro….saat update capcus ini saya sedang berjuang mengembalikan HD saya….alhamdulillah berhasil…..sampai2 semua virus bisa terangkat semua..ty tutorialNa…. :)

  78. awalnya w sempet frustasi gara” file skripsi ilang…..
    setelah w coba pake cara diatas dan hasilnya bersahil…..
    thanks bung… caranya sukses…!!!
    ALHAMDULLILAH

  79. terima kasih pak, softwarenya akan saya coba. smoga dengan berbagi ilmu ini menjadi ladang amal bagi bapak.

  80. abis saya coba langkah di atas komputer saya tidak mau hidup skrng ?? ada yg bisa kasih solusi ??

  81. mau recover tapi ga punya hardisk gede :(… ada yg mau pinjemin g? butuh yg 80 gb….

  82. Trimakasih,Allhamdullillah se,,banyak2nya kepada Allah SWT juga Orang yg sudah berkenan membantu tanpa mengharapkan imbalan,,moga orang ini selalu menemukan kebahagian batin amiiin,, saya punya pengalaman HDD 1TB Tak Sengaja Tak Deteksi Gara2 mati lampu mendadak, maklum tak menggunakan UPS Tpi PSU Pure pastinya Corshair HX850, nah ni dia kasus yang betul2 membuat kepala pusing Hampir Drop apalagi orang awam, HDD 1TB Tempat penyimpanan Data Foto,Software OS, Game Berat2 berbasis Direxct11…dll. tak detek dicek pake dis manager file kosong, tp stlah search dan mendapatkan Software ini,,,Allhamdullillah selamat semua 100%…yg penting berapa HDD yg Korup/kasus, itu harus berbandingan sama dengan HDD tempat recovernya nanti,,maksudnya HDD yg terformat 500GB, yg nantinya mau diangkat data2nya harus lebih besar lagi,dimengerti masalah penjelasan penggunaan software sudah dijelaskan diatas sama abang2 yg berpengalaman…ini pengalaman yg saya alami tp bisa diatasi dengan kepala dingin…Terim’s sebanyak2 atas bagi2 ilmunya.

  83. Kalau gda harddisk yang ditemukan gimana caranya Pak?
    Coz sebelumnya data hilang ketika delete waktu mw instal windows 7 tapi karena menyadari data belum diback up maka g jdi instal windowsnya. mohon bantuannya Pak!!!!!

  84. pakai ini aja, insya alloh pasti mujarab : http://www.minitool-partitionrecovery.com/download.html

  85. pakai ini aja , gratis downloadnya, insya alloh mujarab: http://www.minitool-partitionrecovery.com/download.html

  86. PERINGATAN, bahaya menggunakan partition magic 8 yang diperoleh dari hasil download gratisan…karena ada sebagian file yang hilang, apalagi yang versi portable dan ini menyebabkan proses mempartisinya gak sempurna, resikonya partisi yang sudah ada hilang, saya mengalaminya. hardisk ekternal saya 320 G. pinginnya saya rezise alias ingin kubagi 2, kugunakan pastition magic 8 hasil download dari http://www.4shared.com. hasilnya seluruh data di hardisk external saya 320G gak bisa ke baca. saya mencoba-coba cari solusinya, searching di internet dan berburu sofware recovery, kutemukan beberapa macam, ada 1) tool easy recovery profesional 2) Mini Tool partition recovery, tapi aku menggunakan yang kedua. prosesnya luuuuuammmbattt sekali karena untuk hardisk external sebesar 320 G butuh 2 hari kali…saat saya sharing ini saya sedang/ baru memulai proses recovery…doakan semoga bisa berhasil dengan baik yaaa. dan semoga listriknya tidak padam saat ditengah2 melakukan recovery…
    INGAT : jangan menggunakan partition magic 8 hasil download dari internet apalagi yang versi portable. selain itu jika ingin melakukan partisi sebaiknya memback up dulu. cari pinjaman hardisk. takutnya jika terjadi apa yang tidak diinginkan/ tidak terbaca partisinya kita langsung format ulang aja dari awal..kan sudah punya cadangannya…

    semoga bermanfaaat bagi kita semua…

  87. mas kalau pake 1 hardisk atau pc yg sama bisa ga ??

  88. bang, kasusnya sama persis neh tapi ga nyampe ke format cuman udah kebaca cuma 1 drive. trus ane cek pake laptop lain lewas USB minta format…ya ane formatnya lewat laptop laen. kira2 masih bisa dikembaliin ga tu partisi n file yang ilang?

    • buat dnredha…
      -> usahakan selesaikan program itu sampe tuntas. jangan sampe putus di tengah proses. kalo sdh selesai pasti semua data akan kedetek dan terbaca seperti sedia kala 100% utuh.

  89. mohon pencerahannya bagi yang sudah penggalaman…bisakah software ini mengembalikan data di hardisk yg sudah di format dan di PARTISI ulang?
    trims

  90. thank you bang…..sangat membantu….udah dapat semua….

  91. Ini malapetaka yang sedang melanda saya. semua data terhapus, tidak terkecuali data2 Tugas Akhir yang sedang dikerjakan. Tolong aku gmn lagi caranya supaya data2 ku bisa kembali, paling tidak data2 yg sangat penting

  92. mau tanya nihh.. kenapa yaa ketika saya mau melihat local disk D file nya semua gak ada padahal memory nya sudah terpakai hampir setengah nya…tolong yah di koment

  93. Harddisk external saya gagal partisi karena mati lampu..drive masih keluar..cuma data tidak terbaca (F: not accessible..the file or directory is corrupted or unreadable)..apa bisa recovery data pake test disk? mohon pencerahannya.

  94. Ijin sedot gan, d coba, dan baguussss……!!!!!!!! Cuma aga brantakan… hihihi… Anyway, thank’s berat gan, smg pengalaman nya jd berkah.. Amin

  95. makasih om atas info.a

  96. kalau flashdisk habis di flash atau di upgrade bisa pakai program apa ya …. mohon bantuannya

  97. Laptop saya setelah saya format kosong hardisk c nya dan free space juga kosong.. Dan di install jg error.. Tolong ksh tau cara memperbaikinya. Trimakasih.

  98. misi gan, klo udah di install bisa g diblikin lg dta’a? mohn pencerahannya?

  99. klo hilang data waktu mengisnta ulag ke fomrmat
    , gmana y?
    sya udah coba ko datanya yang kembali cuma sedikit…
    ktaya bsa 100%

  100. kenapa saya yang mencoba. akhirnya gagal maz bro
    malah blank laptop saya.
    pas saya idupin lagi muncul tulisan
    A disk errorr

  101. Kalau di Linux ada aplikasi sejenis ngga, mas? Ane searching-searching di Google koq kebanyakan pake windows semua.

  102. IT WORKS BROTHER .THNKS TO U N ALLAH ALHAMDULILLAH

  103. klu laptop yang udah diinstal ulang gmna gan. . .cara ngembaliin data yang udah diformat trus diinstal ulang windosws 8

  104. Assalamualaikum Wr.WB

    Mas mohon bantuannya,,,
    dua partisi harddisk saya size nya corrupt dr size sebenarnya,,
    dan semua data penting ikut serta hilang bersama dengan size harddisk yang ikut lenyap…
    Yang tertinggal hanya system information & recycle,,

    Saya sudah coba dengan attrib sebelumnya,mungkin file saya hilang karna virus,,tetapi masih tidak berhasil,

    bagaimana cara untuk mengembalikan data tersebut & memulihkan kembali size harddisk yang corrupt???

    Mohon pencerahannya…
    Trimakasih…

    Wassalam,

  105. berapa bulan yang lalu saya beli laptop baru tetapi hardisknya(D:) blom di instal,nah pass di instal perintahnya menyuruh klik “format disk” apakah semua data hilang di (C:)??
    tolong penjelasannya…..

  106. kang bgmna klo data saya terformat secara tdk segaja karna mau buatt duol booting sekarang OS nya ubuntu apa bisa balik smuanya???

  107. mas, saya mw nanya,, kalo kasus gini gimana??

    Harddisk saya 500GB, Windows 7 64bit, 3 Partisi, 400GB an data,,
    Saya awalnya partisi harddisk memakai tools windows 7 dengan cara shrink,, ternyata malah partisi itu semua menjadi simple volume,, nah saya akhirnya membuat partisi unallocated 30GB,,,

    Karena saya bingung bagaimana cara menjadikan partisi 30GB itu menjadi basic volume, saya install winxp sp3 untuk mempartisi HD tersebut,, tetapi ketika saya partisi ternyata yang muncul adalah:
    – Unpartition Disk 470 GB
    – Partition 1 30GB New Raw

    Kemudian saya restart komputer karena kaget 3 partisi lain hilang,,

    Pertanyaannya: bisa ga data saya di recovery??
    Terima Kasih

  108. thankz… brother… semoga tutor ini menjadikan ladang amal jariah anda dikemudian hari… sekali lg terima kasih… udh aku coba dan berhasil, drive ,D,E,F udh aku temukan…sangat mudah dan sederhana menggunakannya…

  109. Tiyang Juga berharap hal yang sama Moga aja bisa ,… mohon di kasi petunjuk cara pemakiannya mas…..

  110. mas saya nyerah akh

  111. Thank banget postingannya,, Alhamdulillah berjasil

  112. mas, saya mohon bantuannya, laptop saya awalnya windowsnya rusak, terus saya recovery menggunakan toshiba recovery, tp ternyata semua isi hardisk ke format, apa bisa dikembalikan ya mas?

  113. I just could not leave your site prior to suggesting that I really enjoyed the standard info an individual provide
    for your visitors? Is going to be back frequently to check
    up on new posts

  114. ad yg tw ngak koq di local c dan d ane ad 2 windows
    gara deskop sewaktu login bewarna biru lalu mati sendiri

    data pertama c,e,f
    lalu intal ulang jdi
    c,d,f
    kmana ya data e itu ya
    ada yg tau solusinya ngak,,

  115. Itu gmn cara’a gan, stlah di’instal ulang gan ?

  116. mas,mau tanya,saya punya masalah kaya mas diatas!memory hardisk saya kehapus,c dan d,partisi juga!terus saya ke bawa pc saya ke tukang komputer!minta tlg untk mengembalikan data2 saya!tapi kata tukang komputer tsb,ga bisa,paling bisa diinstal ulang windows saja,data2 saya ga bisa balik lagi!ya akhirnya saya pasrah,pc saya suruh instal ulang windows saja!pertanyaan saya,bisa g mas,aplikasi tsb si atas menolong saya mas?mengembalikan data2 sya yg di D,yang terhapus tsb?kan pc saya ini udah diinstal baru,partisi juga baru! mohon petunjuk mas! teeimakasih

  117. akuuu juuugaaaaa .. ini namanya kiamat pribadi soalnya ini hardisk kupinjam…

  118. Bagi teman – teman yang mengalami kerusakan HARDISK
    bisa dikonsultasikan atau di servis ertech komputer. ini
    Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 031 72357968/081330029001

    http://ertechcomputer.blogspot.com

    Disini memang spesialisnya hardisk. masalah harga bisa di nego,
    Trims ertech berkat ertechcom
    Semoga sukses…..teman2…!!

  119. bisa di pakai pada ubuntu untuk merecovery data windows yang hilang?

  120. Tempatku piye??huahauaha..kehapus keformat 2kali lebih…di memori hape..

  121. Buat recovery memori card bisa gak gan?

  122. Buat recovery memori card bisa kagak gan?

  123. Sob. Data saya sudah keformat dan sudah di praktisi ulang.
    gmn caranya supaya data saya sudah muncul kembali.
    ini data kantor dan sangat penting…
    mohon bantuannya

  124. cara pemakaian nya gimana??

  125. mas setelah aku ikutin petunjukkan dan aku restart kenapa komputerku tidak bisa hidup lagi ada tanda ( _ ) berkedip??? ada apa dengan komputer saya mas….help…tolong…??

  126. mas kemarin kan saya mau nginstall windows 8 nah pas mau format partisi , saya gak sengaja ngedelete semua partisi (C ,D E kehapus ) , terus saya lanjutin aja nginstall windows nya ampe kelar..
    solusi buat balikin data yang udah kedelete kayak gini caranya gimana mas???
    apakah pake software ini bisa??
    MOHON DI BALES MAS
    MAKASIH :)

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 71 pengikut lainnya.

