NIP baru PNS panjangnya 18 digit, efisienkah?

Kemarin saya baru membuka amplop dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). isinya tentang perubahan NIP baru yang 9 digit berubah menjadi 18 digit.

Kebijakan perubahan NIP ini memang baru dan akan mulai diberlakukan bulan Maret/April 2009 ini.

Ini contoh NIP baru yang dimiliki para PNS.

19750817 200904 1 001

Penjelasan digit

  • digit ke 1-8 (berwarna merah), adalah tanggal lahir 17 agustus 1975 (ditulis: tahun-bln-tgl),
  • digit ke 9-14 (berwarna biru), adalah tanggal pengangkatan sebagai CPNS bulan April 2009 (ditulis terbalik tahun-bulan),
  • digit ke-15, adalah jenis kelamin (1 Laki-laki, 2 Perempuan),
  • digit ke 16-18, adalah nomor urut kepegawaian PNS

Menurut pribadi saya, NIP baru ini tidak efisien karena terlalu panjang, bagaimana menurut Saudara?

Info lengkap tentang aturan ini, silahkan lihat website BKN http://www.bkn.go.id


44 Tanggapan

  1. Betul….tidak efisien….sulit dihapalkan

    • sepertinya g sulit-sulit gtlah, … kan nmrnya diambil dr thn lahir, bulan tanggal, tahun pengangkatan, thn mulai kerja, masa kerja. sepertinya g sulit-sulit ama lah…

      malah lebih praktis spertinya bagi kami para TU di bidang-bidang tertentu.

      salam

    • yg g sulit cuma makan non…:P

  2. Saya butuh informasi Lowongan Pekerjaan, Bisnis, Dan Info Terlengkap Dan Terbaru

    salam
    Lowongan Kerja Dan Bisnis

  3. susah tapi bagus juga sih untuk lebih teratur aja.

  4. bagus biar teratur aja

  5. Menurut saya efisien dalam apa., mustahil nomor tidak bisa terhapal itukan tanggal lahir dan tahun keluar serta jenis kelamin yang akan dihapal hanya 4 digit belakan , menghapal 4 angka saja ngak bisa bagaimana PNS dapat mengurus negara ini, gitu saja kok repot. . .

  6. nomor hp tmn2 kerja (masing2 12 digit) aja dpt dihafal masak gini aja ko’ sulit……. gmn klo disuruh hafalin rumus geometri! mana lbh rumit……….?

  7. menurut saya dengan NIP baru ini tidak istimewa karena merupakan identitas diri, tapi kalo NIP lama istimewa karena nomor itu pemberian dari negara. iya ga? …..nuh.

    • ni goblok atau gimana, NIP dengan format sekarang juga ditentukan oleh negara, supaya teratur dan meminimalisir NIP yang sama di seluruh Indonesia.

  8. Terserah aja yg memberi gaji sih. Cuma memang jadinya identitas kita jd mudah diketahui orang. Ga rahasia dan unik lg dong.

  9. Mudah dihapal bagi yang punya, tapi yg berurusan dengan NIP banyak orang (misalnya daftar absen), ini menyebalkan sekali. Apa sih manfaat NIP dengan format begitu? BKN ini tidak ada kerjaan, mbok ya yg lain dulu dibenahi gitu. NIP sudah bagus malah dirusak.

  10. umar bakri umar bakri pegawai negeri.
    saya pegawai negeri nggak keberatan, cuma repot hafalan abru sj soanya hafal harga popok bayi suah, baiaya ganti oli, harga rokok klenting, … ssusah lho jd pns. gaji murah lebih rendha dari santunan org miskin pengangguran di jerman.
    jgnlah dikecan pns itu, pantas mereka kurang prof karena desakn ekonomi yg tak putus2nya.
    umar bakri… umar bakri…

  11. yang repot ngerubah semua struktur database dan aplikasi yang terkait sama nip baru.

  12. SAYA TENAGA HONORER SMP NEGERI 1 KUTA SELATAN BADUNG BALI BISAKAH SAYA MASUK DATA BIS PEGAWAI , BAGAIMANA CARANYA

  13. SAYA PNS DEPAG BULUKUMBA BELUM ADA NIPA BARU YANG SAYA TERIMA, NAMA SAYA AKMAL,S.AG NIP LAMA 150384683, MINTA DISAMPAIKAN NIP BARU

  14. kalau data yang diambil benar tak apalah, tapi bagi saya yang tahun lahir menjadi lebih tua setahun ini gimana ngurusnya ya (tertulis 1952 seharusnya 1953, karena saya lahir 1953 baik di akte kelahiran maupun SK)

  15. pak tolong betulkan nip saya dari 195210091986101001 menjadi 195310091986101001, terima kasi

  16. met pagi pak saya Marce Laimena Guru pada SMA Negeri Waisela Kabupaten Seram Bagian Barat Provinsi Maluku belum mendapat kan NIP Baru dan NIP Lama Saya : 630013732 mohon bantuan bapak sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  17. Justru lebih gampang, dan PNS lebih jujur tentang umur kalau kenalan. Kan tingga cek NIP nya hehe.

  18. nip baru panjang, klu bkin daftar pegawai jdi boros krtas dkit… Seandainya gajinya sama pnjang dg nip baru enak kalee

  19. met pagi pak saya Usman Nw Guru pada SMP Negeri 2 Mare Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan belum mendapat kan NIP Baru dan NIP Lama Saya : 132 223 629 mohon bantuan bapak sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  20. iya bwt sendiri sich pastinya inget,,,,tp bagaimana nasib saya dan para TU lainnya,,,,kan susah ngapalinnya!!!!!!

  21. Bagi saya Nip baru sangat mmbantu kita. Cukup tau rahasia penulisan Nip baru, kita tdk akan lupa lgi kelahiran & TMT CPNS kita maupun tmn/rekan kita yg sdh PNS,. jd NIP baru justru lbh bnyk manfaatnnya bagi kita, dan pasti mudah dihafal,…oky….!

  22. oo… begitu . berarti bener dugaanku kalau angka-angka NIP itu nggak cuma angka sebenarnya tapi angka yang punya makna. ada tanggal lahir, pengangkatan, jenis kelamin dan nomor urut pengangkatan.

  23. Berapa nuptk saya ?

  24. sampai sekarang sata tidak punya NIP baru NIP lama saya 132 224 167. Guru SLTP 4 Parigi Kab.Muna.
    TTL : Mawasangka Th 1972
    tanggal dan bulan lahir saya tidak ada. tolong dibantu dan konfirmasi

  25. Mohon bantuan penjelasan tentang 3 digit terakhir nip baru.

  26. Konversi nip baru penyebb2ny adalah:
    1. Dua digit pertama nip lama adalah kode instansi.,sdangkan skarang instansi trus brtambh yg mengakbatkan 2digt tersbut habis.
    2. Banyaknya PNS yg akn pensiun meminta perbaikan tanggal lahr., dgn nip baru ini kt bs lbh dmudahkan.
    3. PNS yg pindah instansi.., pada nip lama di instansi yg baru msh menggunakan kode instansi yg lama, dgn nip baru tidak.
    4. Kita tdk perlu menghapal angka nip baru, cukup dgn susunan metode nya saja dan 3 angka trakhr.
    Taukah anda bahwa tata cara pengeNIPan ini diberikan orng BPS.
    Maaf kalo ad info yg salah.

  27. nip baru drs masri man ulim pidie jaya

  28. Sangat setuju saja,perubahan NIP lama ke NIP baru,supaya tidak terjadi lagi NIP yang ganda,atau NIP orang yang meninggal/berenti bisa cepat ketahuan,dan sampai sekarang saya belum menerima SK BKN regional xii tentang NIP baru tersebut

  29. Saya Gayus Tambunan! Duit saya banyak! Siapa yg mau ikut nonton tennis di Bali atau main judi di Macau?

  30. nama saya HARUN ADAM ,bagaimana saya bisa tau NIP baru saya,
    tgl lahir:30 12 1958
    tgl penerimaan pNs:31 01 1982
    saya laki2
    yang digit terakhir masi bingung.. tolong di cek nip baru say.. terimah kasih sebelumya

    • pak harun,, salh tgl penerimaannya… waktu kita sama2 di terma itu tgl 07 08 1980, bukan di taruh tanggal mengajar pertama

      • oh iya,terimakasi teman.. saya lupa..maklum sudah tua,di mana ini.. apa km masih di makassar? salm isti dan anak mu.. by harun

  31. nama saya HARUN ADAM ,bagaimana saya bisa tau NIP baru saya,
    tgl lahir:30 12 1959
    tgl penerimaan pNs:31 01 1982
    saya laki2
    yang digit terakhir masi bingung.. tolong di cek nip baru say.. terimah kasih sebelumya
    Balas

    ini yang benar.. yng tdi salah

  32. sampai sekarang sata tidak punya NIP baru NIP lama saya 176 224 167. Guru SLTP 4 Parigi malang.
    TTL : Mawasangka Th 1972
    tanggal dan bulan lahir saya tidak ada. tolong dibantu dan konfirmasi

  33. Kami tegaskan bahwa Kantor Regional I BKN Yogyakarta TIDAK pernah mengeluarkan daftar nama-nama yang ada kaitannya dengan pengangkatan CPNS, sehingga dihimbau kepada masyarakat untuk kehati-hatiannya. Daftar nama yang tersebut adalah PALSU.

    Demikian pengumuman ini disampaikan agar menjadikan kewaspadaan bersama.

    Dr. Edy Wahyono SP

    NIP. 19550421 198203 1 001

  34. tolong carikan nim ku dulu
    tgl lhr 1977 05 12
    atas nma
    fatima latau

  35. nama saya intan tgl lahir 1980
    saya blum punya nip,, baimana caranya tau…
    saya lahir tgl 5 juli 1980
    tgl penerimaaan tgl 08 09 2006

  36. min boleh nannya ga? penjelasan digit NIP yg lama itu apa aja?
    kan 9 digit tuh
    makasih yah..

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 71 pengikut lainnya.

