Belajar Fisika dengan Metode “Gasing” = “Gampang Asyik dan Menyenangkan”


pelatihan fisika gasing

Selama dua hari berturut-turut, sabtu dan minggu (24 – 25 Mei 2008) bertempat di Hotel Grand Legi Mataram Lombok, diselenggarakan Pelatihan Fisika Gampang Asyik dan Menyenangkan (GASING). Tutornya tidak lain adalah seorang tokoh fisika yang cukup terkenal saat ini yakni Bapak Prof. Yohanes Surya, Ph.D. Beliau juga dikenal sebagai pionir Tim Olimpiade fisika Indonesia dan pembina Olimpiade Fisika Internasional yang sering menyabet medali emas. Beliau secara memukau telah memberikan materi pelatihan bagaimana mengerjakan soal-soal fisika secara gasing. Gasing di sini merupakan akronim dari GAmpang, aSyIk, dan menyenaNGkan atau ngGAk puSING.

Peserta pelatihan kurang lebih ada 400 orang terdiri dari guru SD, guru IPA SMP, guru Fisika SMA, guru umum, pengawas, siswa SD, siswa SMP, dan siswa SMA se-Pulau Lombok. Pak Yo, panggilan akrab Pak Yohanes Surya, menjelaskan beberapa bab materi fisika, khususnya materi Gerak (Gerak Lurus Beraturan, Gerak Lurus Berubah Beraturan, Gaya, dan Usaha-Energi). Akhirnya saya pun punya kesan yang juga saya tuliskan pada kertas pesan dan kesan yang dibagikan panitia, “Beliau adalah salah satu ilmuwan fisika yang sangat peduli kepada kualitas pendidikan bangsa, Beliau juga telah memberikan sesuatu yang sangat berharga sehingga Indonesia cukup diperhitungkan di tingkat Internasional.”

Harapan dari pelatihan itu sebenarnya menurut Pak Yo, agar fisika di Indonesia ini tidak lagi dianggap pelajaran yang sulit dan menjadi momok menakutkan bagi siswa. Justru sebaliknya, siswa yang tadinya benci fisika berbalik menjadi senang fisika. Ya..saat pelatihan juga didemonstrasikan bagaimana siswa SD dan SMP bisa mengerjakan soal-soal fisika SMA. Luar Biasa !!. Rupanya metode inilah yang dikembangkan oleh pak Yo sehingga Indonesia sering meraih medali emas, perak dan perunggu di ajang kompetisi Internasional.

foto bersama Pak YO

Bagi rekan-rekan yang ingin mengundang pak Yohanes Surya untuk mengadakan pelatihan, dan Informasi tentang metode GASING bisa didapatkan di website www.suryainstitute.org , sedangkan informasi tentang Profil pribadi dan kegiatan beliau bisa diakses pada website www.yohanessurya.com

Satu hal yang mengagumkan dari metode ini adalah bahwa Fisika Tidak Lagi Sulit, Tapi malah Menyenangkan, atau nggak bikin pusing. Metode gasing ini menggunakan metode logika biasa berdasarkan konsep dasar fisika. Justru para guru tidak harus memberikan rumus-rumus yang malah bikin siswa pusing dan benci fisika.

Berikut ini beberapa contoh Soal Fisika yang bisa diselesaikan dengan metode GASING.

1. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 10 m/det. Hitung jarak yang ditempuh setelah 5 detik.

Cara Menjawab:

Kecepatan 10 m/det artinya dalam waktu 1 detik mobil menempuh jarak 10 m

Dalam waktu 5 detik mobil menempuh jarak 5 x 10 = 50 m

2. Sebuah sepeda bergerak dengan kecepatan 2 m/det. Hitung waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak 10 meter.

Cara Menjawab:

Kecepatan 2 m/det artinya dalam waktu 1 detik sepeda menempuh jarak 2 m

Untuk menempuh jarak 10 meter, sepeda membutuhkan waktu 10/2 = 5 detik.

3. SOAL CERITA

Dua sepeda A dan B bergerak berhadapan masing-masing dengan kecepatan 4 m/det dan 3 m/det. Kedua sepeda terpisah pada jarak 35 meter. (a) hitung kapan kedua sepeda akan berpapasan? (b). Dimana ?

Cara Menjawab:

Sepeda A : Kecepatan 4 m/det artinya dalam waktu 1 detik sepeda menempuh jarak 4 m

Sepeda B : Kecepatan 3 m/det artinya dalam waktu 1 detik sepeda menempuh jarak 3 m.

Kedua sepeda saling mendekat, shg tiap detik jarak mereka bertambah dekat 3+4 = 7 m.

Karena jarak kedua sepeda mula-mula 35 meter, kedua sepeda berpapasan setelah 35/7 = 5 detik.

Sepeda A, karena kecepatannya 4 m/det, maka untuk waktu 5 detik, jarak yang ditempuh 5 x 4 = 20 m. Jadi kedua sepeda bertemu pada jarak 20 m dari posisi A semula.

Catatan: SEMUA SOAL DI ATAS TIDAK MENGGUNAKAN RUMUS !

About these ads

30 Tanggapan

  1. Dari apa yang diceritakan diatas metode gasing sangat baik dan menyenangkan. Kemudian timbul beberapa pertanyaan dari saya:
    1. Apakah metode itu bisa berlaku untuk soal-soal yang lebih rumit/komplek
    2. Apakah metode ini bisa diterapkan di bidang lain selain fisika seperti Matematika atau Kimia

  2. hebat banget

  3. Bagaimana pendekatan pembelajaran untuk fisika yang agak rumit sampai rumit. Apakah selalu bisa dengan menggunakan metode Gasing. Contoh untuk pembelajaran Listrik atau atom.tx

  4. mas, minta izin taut artikelnyanya, untuk bahan referensi di website fisika fmipa unlam. sebab dalam waktu dekat kami akan mengundang prof. Yohanes Surya untuk memberikan seminar serupa. trims

  5. gmana sih bikin fisika ga susah?
    ulangan disuruh liat buku aja bingung apa lagi ga liat haha

  6. cara ini apa berlaku untk soal yang lebih rumit?saya paling pusing belajar fisika kayak dah jadi momok tiap belajar

  7. apa metode ini bisa di pakai untuk pembelajaran fisika di dalam proses belajar di kelas, apa ada metode lain yang bisa mencakup indikator yang harus di capai siswa agar siswa mampu menguasai materi fisika dengan mudah?

  8. fisika tak jauh berbeda dari matematika menurut saya, tapi fisika jauh lebih rumit . Karena proses penyelesaiaan yang perlu beberapa rumus . Metode GASING tolong segera jelaskan pada sekolah2 agar dapat segera diterapkan.

  9. apakah metode gasing dapat diterapkan dalam bab lain dalam fisika? misalnya dalam bab termodinamika? atau dalam bab listrik? karena dilihat dari contoh diatas, semuanya adalah bab gerak.

  10. Terimakasih atas bantuan yayasan surya institut kepada SMP Cokroaminoto Wanadadi.Dengan peningkatan sumber daya untuk guru fisika pada sekolah kami semoga bisa meningkatkan mutu pembelajaran Fisika.CD telah kami terima.

  11. mencari percepatan sistem ketika ada dua buah benda digantungkan pada sebuah katrol juga bisa di cari dengan fisika gasing

  12. bagaimana jika soalnya lebih rumit?
    apakakh bisa menggunakan metode Gasing?

  13. Terimakasih banyak ! Untuk metode Gasing nya , aku jadi termotivasi untuk mempelajari ilmu fisika dan matematika jadi kalau ada metode belajar lagi tolong kirimin ke E-mail aku yaitu: asepwildan14@yahoo.Co.Id ! Terimakasih untuk yang kedua kalinya

  14. Kapan Surya Institut menyelengarakan penataran lagi untuk guru-guru SMP Swasta

  15. Kalau menurut aku.. tiap tiap metode ada kekurangan dan kelebihannya.. Untuk hal yang mudah pasti menyenangkan, bagaimana untuk hal yang rumit?

  16. Apakah dengan metode gasing,,, soal yang lebih sulit pun bisa di atasi?

  17. bagaimana metode gasing bisa diterapkan pada soal-soal mengenai hukum coulomb (F = k q q/ r2) di kelas IX?
    sedangkan di sana konsep fisika dan perhitungan matematikanya tidak sederhana.

  18. Gimana Ya Cara Belajar Fisika ??
    Supaya Kita Gampang Memahaminya ??

    Sebenarnya enak Banget pelajaran Fisika Bagi yang memahaminya .. :'(

  19. Salam kenal
    Tingkatkan terus kreatifitas untuk inovasi pembelajaran…, kunjungi http://pcahyono.blogspot.com/
    Saksikan PAIKEM beraksi dengan teknologi
    Salam kreatif…

  20. Gasing itu sangat menyenangkan…..Asyiknya,,,

  21. Mohon informasinya.Kalo Metode Gasing itu Metode mengerjakan soal atau metode pembelajaran di kelas?terima kasih infonya

  22. fisika memang enak and ngetop truz enjoy!!!!

  23. saya juga bingung nich dengan fisika kurang paham materi besaran pokok dan satuannya nich, gmn y caranya biar fisika tuh bisa jadi mudah and ga bosenin?

  24. fisika itu mudah, BAGI YANG PAHAM DAN MENGERTI -________-

    aaaa!

  25. thanks for information

    kita uji kemampuan dalm belajar kita yuuk di Try Out Online :)

  26. iyaa,, knp fisika tu pelajarn nya sulit di mngerti udah gt rumusnya bnyak lagi macem”

    ,,,,,

  27. pembelajarannya gampang dimengerti

  28. […] Belajar Fisika dengan Metode “Gasing” = “Gampang Asyik dan Menyenangkan” Posted on 26 Mei 2008 by subkioke […]

  29. asiknya BELAJAR FISISKA( GASING) gampang asik menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 71 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: